Letung, Jemaja!

Ceritanya saya ke Pulau Letung untuk ngambil sampel penelitian. Cuma empat hari sih, tapi lumayan juga. Kesan pertama pas turun dari kapal, gilaaaa keren banget pulaunya. Air lautnya bening (yaaa dibandingin ama Tanjungpinang mah beningan sini).
     Setelah 7 jam naik ferry dari Tanjungpinang, akhirnya sampe juga ke Pulau Letung, pukul 2 siang. Awal-awal pas turun dari kapal, saya agak-agak tulalit, masih belom konek karena abis tidur seharian di kapal. Pas turun pun masih bingung sendiri, itu pelabuhannya ga ada gedungnya sama sekali, cuma pelantar luas aja. Lebih mirip lapangan futsal di tengah laut. Saya celingak-celingukan sendiri cari tukang ojek atau transportasi apapun yang bisa nganter saya ke penginapan. Gak ada! Hahahahah. Di situ bener-bener adanya cuma kerumunan orang yang mau naik-turun dan keluarga yang nganter-jemput. Emang sih, banyak motor yang diparkir di jalur keluar-masuk, tapi itu kendaraan pribadi orang-orang yang nganter-jemput keluarga mereka. Manyunlah gue.
     Sembari nunggu pikiran dan pancaindera fokus lagi, saya duduk di pinggir jalan pelantar itu. Nengak-nengok kiri-kanan, poto-poto laut dan bukit. Pas banget ada ibu-ibu lewat, pake seragam Korpri. Setelah nanya-nanya sama si Ibu, dapetlah info penginapan yang bagus dan dekat: Wisma Juliani dan Wisma Anugrah. Tukang ojeknya pun dipanggilin sama si Ibu. Alhamdulillah (semoga dibales pahala ya, Bu!). Saya naik ojek ke penginapan, 20ribu ongkosnya. Deket sih sebenernya. Kalo di Jakarta mah paling cuma ceban (tetep ya guee ngeluhin ongkos hahaha). Saya diantar ke Wisma Anugrah. Lumayan bagus dan tempatnya deket pasar, cari makanan gampang. Sampe di wisma, saya langsung istirahat dan siap-siapin bahan untuk tempur besoknya.
     Sama kayak sebagian besar tempat lain di Kepulauan Riau, transportasi darat tuh jadi masalah banget buat saya. Susah. Mau ga mau musti sewa motor kalo mau ke mana-mana. Di Ranai dan Sedanau (Kabupaten Natuna) dua minggu yang lalu, harga sewa motornya cuma 80ribu per 24 jam. Di mari moso 120ribu per 24 jam. Mihil bingit. Saya tawar tapi ga dikasih kurang. Ya udah.
Hari pertama, sukses besar ke mana-mana. Kantor-kantor UPTD udah pada didatengin dan data-data penelitian udah dapet, dikebut seharian kemarin. Masih ada waktu, masih banyak bensin, tenaga juga masih banyak, saya muter-muterlah sendiri. Rencananya mau ke Pantai Kusik (gara-gara liat plangnya di jalan). Pergilah saya ke sana.
     Karena ini pulau kecil dan infrastruktur belum banyak dibangun, ga bingung juga sih mau ke mana-mana. Jalan raya cuman segitu-gitunya. Selama masih ketemu jalan raya, kagak bakal nyasar dah. Eh tapi jangan ngebayangin jalan raya aspal yang lebar dan mulus ya, entar kecewa. Jalan rayanya cuma selebar 4-5 meter dan (kayaknya) terakhir kali diaspal pas jaman Suharto kali ya hehehe. Udah rusak banget itu. Barangsiapa naek motor lewat mari, mending pelan-pelan dah. Bawa motor dengan kecepatan 20km/jam aja risikonya besot-besot (ngerti besot kan?). Lebih dari itu mah bisa mental. Jalan ke arah Pantai Kusik ada juga sih yang lumayan mulus. Taaaaaapi, sekalinya mulus, medannya ngeri banget men, kirinya jurang (batu-batu terjal, langsung laut di bawahnya, gak ada pagar atau pengaman apapun) dan kanannya tebing tinggi gitu. Jalannya sempit, paling cuma 2 meteran lebarnya. Jangan ngarepin jalanan datar hehehe. Itu tanjakan, turunan, tikungan tajem. Saya sendirian naek motor lewat situ. Takut. Tapi udah telanjur. Gada pilihan selain berani dan jalan terus. Mau puter balik udah ga bisa. Wong jalan sempit gitu.
     Niat hati jalan terus meski panasnyaaaaa masya Allah nyengat banget. Kebetulan laper berat juga rasanya. Sok-sokanlah ngebut biar cepet sampe. Pas juga lagi di tanjakan dan harus nge-gas pol. Ngeri-ngeri mantep juga itu tancep gas di tanjakan yang sebelah kirinya ada jurang. Sialnya, itu tanjakan langsung belok kanan tepat di puncaknya. Tikungan tajem banget. Saya kaget dan dengan kondisi motor yang masih digas, saya refleks ngerem. Hampir mental, hampir nyerosot ke jurang. Ban belakang motor saya udah di mulut jurang. Ibuuuuuu! Rasanya mau pengsan tapi cuman bengong. Syok. Itu kalo telat seperberapa detik, mungkin udah nyemplung ke jurang berdua ama motor dah tuh gueee...
     Gatau gimana prosesnya, pokoknya saya selamat. Alhamdulillah banget tapi syoknya ga ilang-ilang. Gemeteran. Kiri laut, kanan hutan. Terus saya jongkok di pinggir jalan. Jantung bener-bener cepet detaknya. Mau nangis! Hahahahah. Tapi ya ujung-ujungnya saya cuma cengengesan. Berani sama tolol itu beda tipis ternyata hehehe. Daripada ngeyel, saya puter balik pelan-pelan. Gagallah saya ke Pantai Kusik. Belom jodoh.
     Dengan kondisi syok, bengong, dan tangan masih gemeteran itu, saya pulang ke wisma. Begitu sampe, saya langsung salat sembari nahan perasaan yang ga karuan itu. Hampir mati gueeee...hahahah. Ya Allaah....sungguh, kematian itu sangat dekat. Maapin ya manteman, mana tau saya nyemplung beneran suatu saat di jurang mana gatau dan ga sempet minta maap.
     Itu kemaren. Kemaren. Tadi, beda lagi. Setelah gagal ke Pantai Kusik, karena saya oon dan cemen, tadi pagi ceritanya saya mau lanjut ke Pantai Padang Melang dan air terjun di daerah Ulu Maras. Pantai Padang Melang ternyata deket dan emang bagus banget. Pagi-pagi, saya udah ke sana, nikmatin sinar matahari dan poto-poto pemandangan. Bener-bener cuma ada saya di pantai itu. Berasa yang punya hehehe. Abis itu, saya lanjut cari air terjun. Saya googling semalem, tapi ga nemu referensi yang valid. Saya cek pake GPS juga ga membantu karena sinyal ga memadai dan emang terpencil banget, di peta juga gak ada rute ke sana. Tapi saya nekat aja jalan dulu, pake pedoman GPS yang lain: Gambaran Penduduk Setempat! Huehuehuehuehhh bodo ah jayus juga :P
     Track-nya emang ga seserem track ke Pantai Kusik kemarin. Cuma emang jalanannya kacawww. Kaccaaaaww da ah. Sempit, banyak pasir ama kerikil. Bahkan batu segede-gede batu kali juga ada di jalan. Buset. Tapi seenggaknya, di kiri-kanannya itu ladang warga. Dadah-dadahlah saya ke sapi-sapi daerah situ hehehe. Saya sempet nanya ke warga setempat. Kata mereka, tempatnya jauh, kurang lebih satu jam perjalanan naik motor. Saya pikir, satu jam mah deket yak. Gue hajar aja apa ni...
     Saya lanjutlah. Pede nih ceritanya kan. Pas masih di jalan raya aspal mah santai. Nah pas jalan aspalnya abis, saya udah mulai was was. Jalannya udah rusak parah, mulai masuk hutan, nembus masuk lembah di antara perbukitan. Makin jauh, makin masuk hutan, makin gelap. Serius gelap, bos, padahal masih jam 9 pagi. Kalo dikira-kira, di situ ga ada manusia lain dalam radius 100 meteran. Bener-bener hutan dan yang ada cuma suara-suara jangkrik, burung, sama....monyet kayanya itu. Saya bener-bener ga berani berhenti meskipun pengen banget moto-moto pemandangan di situ. Saya jalaaan terus. Mulai berasa serem sendiri sih dengan suasana di situ. Tapi ya gimana...penasaran banget pengen ke Jemaja Timur...ke Ulu Maras itu. Jalaaan terus meski terakhir kali liat rumah, udah hampir setengah jam yang lalu.
     Di tengah hutan itu, saya zikir doang. Serius makin takut dan feeling udah ga karuan. Tiba-tiba, di tengah jalan ada uler item. Gedenya lumayan heuheu. Saya ga ngerti itu uler apaan dan ngapain di tengah jalan gitu. Semakin deket jarak kami, dia bangun gitu kayak mau nyerang. Kobra kayanya....ya Allah. Saya mau pengsaaan. Motor masih jalan dan saya nekat ngegas untuk ngelewatin dia. Itu jalan sempit banget dan saya takut ngelindes dia sebenernya.
     Saya nekat ngegas sejadi-jadinya, lewatin dia sembari nahan jerit, dan pas saya lewatin, bunyi cetookkk! Kenceng banget. Kayanya dia matok tapi kena apaan gatau. Eheuheuuuu. Saya masih ngegas. Setelah agak jauh, saya berhenti, periksa kaki, periksa motor, ban, cek-cekin semua. Di velg depan motor saya ada lendir. Gatau itu apaan haaaaa. Saya duduk di jalan, ngos-ngosan, deg-degan, syok, gemeteran, keringetan, mau pengsaaaan. Mau nangis juga. Tau gini mah saya mendingan ngajar aja di Jakarta.
     Saya sadar, itu di tengah hutan. Bisa kejadianlah semua kemungkinan. Nggak boleh saya syok kelamaan. Bener-bener pasrah sama Allah itu. Pas masih menenangkan diri, bunyi keresek-keresek di sebelah kanan. Halaaaaahhhh ini apaan lagiii, saya pikir.
     Saya nahan napas, pasang mata, telinga, bener-bener waspada. Ada monyet. Dua ekor. Bengong ngeliatin saya. Itu monyet atau bekantan, saya ga yakin. Yang jelas, badannya lebih bongsor dari monyet yang suka tampil di Topeng Monyet. Jarak kami palingan cuma 3 meter. Mereka di semak-semak, saya di pinggir jalan. Pelan-pelan, saya berdiri tapi mata ga lepas liatin mereka. Sumpah deg-degan parah. Bismillaaah.....kabur aaaah.
     Saya kabur, sembari nangis. Beneran nangis. Bodo. Namanya orang ketakutan. Pas nemu jalan yang agak lebar, saya puter balik. Saya pulang, berharap ga ketemu lagi sama uler dan dua monyet bengong yang tadi itu.
     Sepanjang jalan, rasanya masih ga percaya. Seneng tapi takut. Seru tapi mau gila hahahaha. Alhamdulillah saya dikasih kesempatan sama Allah untuk menjelajahi bumi-Nya, meskipun cuma seiprit. Allah tau saya cemen, jadi disuruh pulang lagi. Mungkin emang ga boleh jalan-jalan ke hutan sendirian. Mungkin ini efek cerita-cerita rakyat yang saya baca, tentang para putri yang mampu tinggal sendirian di hutan (padahal kan mau solat susah ya....ga kedengeran adzan! Hahahahah).
     Sampe wisma, saya langsung istirahat. Berkemul...selimutan. Meluk bantal. Mau nangis tapi cuma bisa bengong. Inget ibu. Inget adek-adek. Inget kucing! Hahahahah. Ferry saya datang besok pagi. Kembali ke Tanjungpinang, kembali pada tanah merah dan ilalang.
     Ini pengalaman seru buat saya. Dulu seru-seruannya cuma sebatas nyusahin satpam dan manjat pager sekolah. Setidaknya, saya punya sesuatu untuk diceritakan. Atau sesuatu yang bisa dengan lantang saya sampaikan, untuk anak-anak saya, jika saya punya kesempatan di masa depan: "pergilah, nak...jelajahi ciptaan Tuhanmu, temukan keagungan-Nya dalam setiap tetes udara, hirup rahmat-Nya, simpan kebesaran-Nya dalam setiap sudut terkecil sarafmu..."